Tuesday, March 15, 2011

Tes Individual Versus Tes Kelompok.

Manakah yang lebih baik, anatara Tes Individual dengan Tes Kelompok?
Tes intelegensi seperti Stanford-Binet dan Wechsler dilakukan berdasarkan basis individual. seorang psikolog memahami penilaian intelegensi individual sebagai interaksi antara pemeriksa dan murid. ini membuat psikolog tersebutbisa menyusun sampel perilaku murid. selama pengujian, peneliti mengamati bagaimana laporan disusun, minat dan perhatian murid, apakah ada kecemasan dalam pengerjaantugas, dan tingkat toleransi murid menghadapi rasa frustasi. 
Murid juga diberi tes intelegensi dalam kelompok pada saat yang bersamaan (Drummond, 2000). tes intelegensi kelompok mencakup lorge-thorndike intelligence tests, kuhlman-anderson intelligence tests, dan otis-lennon school mental abillities tests. tes kelompok lebih nyaman dan ekonomis ketimbang tes individual, namun juga ada kekurangannya. saat tes dilakukan pada satu kelompok besar, peneliti tak dapat menyusun laporan individual, menentukan tingkat kecemasan murid, dan sebagainya. dalam situasi tes kelompok besar, murid mungkin tidak memahami instruksi atau mungkin diganggu oleh murid lainnya.
karena keterbatasan inil, maka saat akan dibuat keputusan penting menyangkut murid, tes intelegensi kelompok harus dilengkapi dengan informasi lain tentang kemampuan murid. strategi yang sama juga berlakuuntuk tes individual, meskipun biasanya kita lebih baik tidak terlalu yakin pada akurasi skor tes intelegensi kelompok. banyak murid yang mengikuti tes dalam kelompok besar disekolah, tetapi keputusan untuk menempatkan murid dalam kelas khusus anak penderita retardasi mental, kelas pendidikan khusus, atau kelas anak berbakat, sebaiknya tidak didasarkan pada tes kelompok saja. dalam kasus seperti itu, informasi relevan tentang kemampuan murid harus diperoleh dengan cara selain menggunakan tes (Domino, 2000)

jadi, tes inteligensi individual dan tes inteligensi kelompok mempunyai kekurangan dan kelebihan masing-masing yang berguna untuk mengukur tingkat kecerdasaan seorang anak.

Sumber : Santrock J. W. Psikologi Pendidikan Edisi Kedua.

Saturday, March 12, 2011

Tempat-tempat Terindah Di Dunia

Sepuluh tempat di bawah ini adalah tempat-tempat paling ekstrem di muka bumi. Mulai dari Venezuela, Rusia bahkan timur tengah, semua tempat-tempat ini memiliki kelebihan dan keistimewaan yang tiada duanya. langsung aja:

1. Angels Falls (Venezuela): Air Terjun Tertinggi 3230 kaki

angelfalls45 10 Tempat Terindah Didunia
Yang pertama adalah Angel Falls (Salto Ángel). Air terjun di Venezuela ini adalah air terjun tertinggi di dunia. Air terjun yang tingginya 3.230 (984 m) terletak di sebuah anak sungai Rio Caroni. Air terjun terbentuk saat arus sungai jatuh dari puncak Auyantepui. Sektor waisata di lokasi air terjun cukup maju.

2. Mt. Chimborazo (Ecuador): Titik Tertinggi dari Pusat Bumi 20,703 feet (6,310 m) di Atas Permukaan Laut

Tidak banyak orang yang tahu tentang Gunung Chimborazo di Ekuador dengan ketinggian 6.310 meter (20.703 kaki), beda sedikit dari Gunung Everest, namun memiliki perbedaan Chimborazo menjadi gunung tertinggi di atas pusat bumi. Hal ini karena Bumi memiliki poros bulat. Sebagai poros bulat, Bumi adalah yang paling luas di khatulistiwa. Chimborazo hanya satu derajat sebelah selatan khatulistiwa bumi dan pada lokasi itu adalah 6.384 kilometer dari pusat Bumi atau sekitar 2 kilometer lebih jauh dari pusat Bumi dibandingkan Gunung Everest.

3. Tristan de Cunha (UK): Pulau Berpenghuni Paling Terisolasi di Bumi Berjarak 2,000 mil dari Continent Terdekat

a96770a487tristandacunh 10 Tempat Terindah Didunia
Kelompok pulau berpenghuni terpencil di dunia, Tristan de Cunha di selatan Samudera Atlantik, adalah pulau yang sangat kecil, dan tidak memiliki landasan. Rumah untuk 272 orang terdiri dari 8 nama keluarga, penduduk disana turun-temurun menderita keluhan seperti asma dan glaukoma. Dianeksasi oleh Britania Raya pada 1800-an, penduduk pulau memiliki kode pos dan bahasa Inggris, sementara mereka dapat memesan barang secara online, di butuhkan waktu yang sangat lama untuk pesanan mereka datang.

4. Lut Desert (Iran): Tempat Terpanas di Bumi 159 °F (71 °C)

This image has been resized. Click this bar to view the full image. Theoriginal image is sized 540x405px.
hottestplace1 10 Tempat Terindah Didunia
Ada diskusi besar tentang tempat terpanas di bumi. Banyak yang percaya di Al Azizyah, Libya, dengan suhu tercatat 136 derajat Fahrenheit (57,8 derajat celcius), dan tempat terpanas kedua berada di Death Valley, California, Amerika Serikat, yaitu 134 Fahrenheit pada tahun 1913. Tetapi menurut situs lain, satelit NASA mencatat suhu permukaan setinggi 71 ° C (159 ° F) di gurun Lut Iran, konon yang ini adalahtemperatur terpanas yang pernah tercatat di muka Bumi. Daerah ini, yang meliputi wilayah sekitar 480 kilometer, disebut Gandom Beriyan (panggang gandum).

5. Oymyakon (Russia): Tempat Terdingin di Dunia? 96.2 °F (?71.2 °C)

oymyakos 10 Tempat Terindah Didunia
Oymyakon adalah sebuah desa di Oymyakonsky Ulus dari Republik Sakha, Rusia, terletak di sepanjang Sungai Indigirka, 30 kilometer (20 mil) barat laut Kolyma Tomtor di Highway. Populasi adalah 800 orang. Oymyakon dikenal sebagai salah satu calon Kutub Utara Dingin, karena pada tanggal 26 Januari 1926, temperature dari -71,2 ° C (-96,2 ° F) tercatat di sana. Ini adalah suhu terendah tercatat untuk setiap lokasi yang dihuni secara permanen di Bumi. Itu juga merupakan suhu terendah tercatat di belahan bumi Utara.

6. The Dry Valleys (Antarctica): Tempat Terkering di Muka Bumi

antartika 10 Tempat Terindah Didunia
Salah satu daerah di Antartika dikenal sebagai Lembah Kering. Di lembah ini tidak ada curah hujan lebih dari 2 juta tahun. Dengan pengecualian satu lembah, danau secara singkat yang diisi dengan air dari daratan yang mengalir sungai-sungai selama musim panas, Lembah Kering tidak mengandung uap air (air, es, atau salju). Alasan mengapa Lembah Kering ini ada adalah 200 mph katabatic bawah angin yang menguapkan semua kelembaban. Lembah-lembah kering yang aneh: kecuali beberapa batu terjal. Lembah ini adalah satu-satunya bagian dari benua Antartika tanpa es. Terletak di Trans-Antartika Range dan berhubungan dengan daerah pegunungan di mana penguapan (atau lebih tepatnya, sublimasi) lebih penting daripada hujan salju, sehingga semua es menghilang, meninggalkan tanah tandus kering.

7. Marianas Trench (Indonesia and Japan): Titik Terendah di Muka Bumi 35,840 kaki (10,924 m) di bawah permukaan laut

a96770a487marianatrench 10 Tempat Terindah Didunia
marianm 10 Tempat Terindah Didunia
Challenger Deep di Palung Mariana (atau Marianas Trench) adalah titik terdalam di lautan bumi. Dalamnya adalah 10.924 meter (35.840 kaki) di bawah permukaan laut. Satu-satunya orang yang pernah dieksplorasi parit ini adalah Jacques Piccard dan DonWalsh. Di bagian bawah mereka tujuh mil ke bawah dan di sekeliling mereka delapan ton tekanan. Mereka mengamati ikan, udang dan makhluk lainnya hidup di bawah dasar laut.

8. Lloro (Colombia): Tempat Terbasah di Muka Bumi

108588xcitefunllorocolo 10 Tempat Terindah Didunia
lloro 10 Tempat Terindah Didunia
Lloro, Kolombia, mendapatkan rata-rata 40 feet hujan setahun. Orang-orang yang tinggal di sana menghasilkan uang dengan menebang pohon-pohon di hutan terdekat di mana Anda dapat mengandalkan pada hujan setiap hari. Sekali lagi, ada diskusi tentang fakta ini. Cherrapunji, Utara-Timur India diperkirakan selama bertahun-tahun untuk menjadi tempat paling basah di dunia. Disini hujan rata-rata 10.820 mm dalam satu tahun, baik dari jumlah pendek dari Lloro. Tidak seperti Kolombia dimana hujan turun sepanjang tahun, Cherrapunji mendapatkan sebagian besar dari hujan selama ‘monsun barat’, atau musim hujan, antara bulan Juni dan Agustus. Sebenarnya, antara 1860 dan 1862 Cherrapunji ini sangat basah; antara 1 Agustus 1860 dan 31 Juli 1861 (yang tumpang tindih bagian dari 2 musim basah) 26.467 mm hujan turun.

9. Mount Thor (Canada): Tempat Vertical Tertinggi di Muka Bumi

canadani 10 Tempat Terindah Didunia
Gunung Thor, di Auyuittuq Taman Nasional di Pulau Baffin, Nunavut, Kanada, menyediakan tempat vertikal tertinggi yaitu 4.100 kaki. Gunung Thor adalah puncak paling terkenal di Kanada, dan itu murni terbuat dari granit. Ini favorit para pencari sensasi dan pendaki. Gunung Thor dinaiki pertama kali pada tahun 1953 oleh Institut Kutub Utara Amerika Utara tim. Ada beberapa ekspedisi pemanjatan yang pernah dilakukan di sini. Sejauh ini, terjadi satu kematian pada tahun 2006.

10. Dead Sea (Jordan): Tempat Berelevasi Terendah di Muka Bumi 1,385 ft (422 mt) di bawah permukaan laut

lautmati 10 Tempat Terindah Didunia
Yang terakhir adalah Laut Mati. Laut ini adalah elevasi terendah di permukaan bumi ditanah kering, garis permukaan dan pantai berjarak 422 meter (1.385 kaki) di bawah permukaan laut. Di perbatasan Yordania dan Israel, jalan di sekitar Laut Mati juga menjadi jalan paling rendah di Bumi. Terkenal karena salinitas (lebih kuat sepuluh kali dari Laut Mediterania) dan karena kandungan garam yang ekstrem, tidak ada makhluk yang dapat bertahan hidup di laut itu.

Tuesday, March 1, 2011

Kelebihan dan Kelemahan Learned-Centered

Kelebihan :
learned-centered untuk perencanaan dan instruksi pelajaran memeberikan banyak hal positif. prinsip-prinsip yang disusun oleh  American psychological Association pada buku SANTROCK dapat membantu dalam membimbing murid. prinsip tersebut dapat mendorong guru untuk membantu murid secara aktif mengonstruksi pemahaman mereka, menentukan tujuan dan rencana, berpikir mendalam dan kreatif, memantau belajar murid, memecahkan problem dunia nyata, mengembangkan rasa percaya diri yang positif dan mengontrol emosi, memotivasi diri, belajar sesuai dengan level perkembangan, bekerja sama secara efektif dengan orang lain (termasuk orang yang berlatar belakang berbeda), mengevaluasi referensi mereka, dan memenuhi standar.

Kelemahan : 
pengkritik pendekatan ini mengatakan bahawa pendekatan ini terlalu memerhatikan  proses pembelajaran (seperti cara belajar secara kreatif dan kolaboratif) tetapi tidak cukup memerhatikan kandungan akademiknya (seperti fakta sejarah) beberapa kritik mengatakan bahwa instruksi learned-centered akan lebih baik untuk beberapa pelajaran dibandingkan pelajaran lainnya karena dalam area dengan banyak problem yang tidak didefinisikan dengan rapi, seperti ilmu sosial dan kemanusiaan, instruksi learned-centered dapat bekerja dengan  baik. tetapi, mereka percaya bahwa pendekatan teacher-centered  akan lebih baik pada pelajaran yang sudah terstruktur dengan baik seperti matematika dan sains. kritikus juga mengatakan bahwa pendekatan learned-centered tidak efektif pada level pelajaran awal pada suatu pelajaran karena murid belum memiliki pengetahuan memadai untuk membuat suatu keputusan tentang bagaimana dan apa yang harus mereka pelajari. dan para pengkritik juga menekankan bahwa adanya gap antara level teoritis dari pembelajaran yang berpusat pada murid dengan aplikasi aktualnya. komplikasi mplementasi strategi learned-centered dikelas sering kali jauh lebh menyulitkan ketimbang yang diperkirakan.

Sumber : Santrock J. W. Psikologi Pendidikan Edisi Kedua.

Tuesday, February 22, 2011

upin & ipin dan psikologi pendidikan

film upin & ipin merupakan sebuah film animasi yang menarik untuk ditonton oleh keluarga dan anak-anak. upin & ipin digemarin oleh anak-anak karena film animasi yang lucu dan karakter-karakternya yang bervariasi serta bahasanya yang mudah diingat dan menarik untuk anak-anak. film upin & ipin mengambil tema kehidupan sosial masyarakat dikampung yang jauh dari keramaian kota dan masih mempunyai tradisi yang baik serta memberikan contoh yang baik kepada anak-anak. film ini juga mendidik anak-anak karena memberikan nasihat-nasihat kepada anak-anak dengan bahasa yang mudah dipahami oleh anak-anak pada usia dini.

Monday, February 14, 2011

Apa tujuan Teknologi/Media Pembelajaran?

Pada saat ini, pendidikan mempunyai hubungan yang sangat dekat dengan teknologi. Dengan teknologi, kita dapat dengan mudah mengakses atau mencari informasi yang kita perlukan untuk belajar. Tekonologi pembelajaran awalnya dikenal dengan alat peraga, kemudian dikenal dengan istilah audio visual aids (alat bantu pandang/dengar) dan selanjutnya disebut instructional materials (materi pembelajaran). dan pada saat ini istilah yang dikenal dan digunakan dalam pendidikan nasional adalah  instructional media (media pendidikan atau media pembelajaran).

Penggunaan media pembelajaran sangat diperlukan untuk peningkatkan mutu pendidikan. tujuan penggunaan media pembelajaran sebagai alat untuk membantu proses belajar agar dapat berlangsung dengan baik dan mudah dipahami, untuk mempermudah pendidik dalam penyampaian informasi materi kepada peserta didik, mempermudah kita dalam menyerap atau menerima serta memahami materi yang telah disampaikan, dapat mendorong kita untuk mengetahui lebih banyak dan mendalam tentang materi yg dipelajari serta menghindarkan kita dari salah pengertian atau pemahaman dengan sesama pelajar terhadap materi yang disampaikan. teknologi/media pembelajaran juga dapat membuat proses pembelajaran menjadi lebih efisien dan menjadi tidak terbatas.

Jadi, Teknologi/Media Pembelajaran akan memudahkan kita dalam menyerap dan memahami informasi serta membuat kita menjadi tertarik untuk belajar dan mencari tahu lebih banyak tentang informasi yang sudah kita dapatkan karena dengan menggunakan teknologi/media pembelajaran kita akan merasa belajar itu menyenangkan dan tidak membosankan seperti belajar dengan menggunakan papan tulis atau alat-alat belajar manual lainnya.

Sumber:  Santrock J. W. Psikologi Pendidikan Edisi Kedua


Friday, February 11, 2011

Pandangan dan Penilaian tentang E-Learning Di Mata Kuliah Psikologi Pendidikan

Putra Pratama 10-100


Menurut Kelompok 3 E-Learning yang sudah diterapkan dalam mata kuliah psikologi pendidikan sangat bermanfaat, disamping membuat para mahasiswa/i melek terhadap teknologi, juga mempermudah mahasiswa/i dalam proses pembelajaran. Pada saat ini, mahasiswa/i haruslah dapat menggunakan dan memanfaatkan fasilitas teknologi dengan sebaik-baiknya, khususnya internet. Dengan internet kita bisa dengan mudah mencari segala informasi yang kita butuhkan, kita juga dapat saling membutuhkan tanpa harus adanya pertemuan tatap muka. Kami sangat senang dengan penggunaan email dan  blog dalam mata kuliah ini, karena disamping dapat membantu dunia dalam masalah global warming karena bebas kertas, email dan blog juga memudahkan dalam mengumpul tugas, ataupun penerimaan materi perkuliahan, tanpa perlu jauh-jauh mencari dan datang ke tempat tinggal dosen pengampu. Kami juga merasa dengan adanya blog, kami lebih dapat mengekspresikan diri, dan biasanya kami lebih dapat mengungkapkan segala yang ada dalam pikiran dengan tulisan dibandingkan dengan lisan, lebih dapat bertukar pikiran dengan dosen pengampu, dan mempermudah dalam diskusi-diskusi menyangkut hal perkuliahan. karena pendidikan dengan e-learning di Indonesia kurang berjalan dengan baik, dan masih banyak yang belum mengerti dan mengenal baik, maka cara inilah yang paling baik untuk mengenalkan dan membiasakan mahasiswa/i dalam program e-learning. Segala komposisi dan fasilitas yang ada juga ditujukan untuk membantu mahasiswa/i untuk lebih kritis, aktual, kreatif, dan ekspresif. Selain itu, e-learning yang diramu ke dunia pendidikan juga membuat para civitas akademi tidak jenuh dengan kata-kata belajar. Belajar yang biasanya identik dengan kejenuhan kini hadir dengan penuh kesenangan. Langkah ini merupakan terobosan yang sangat baik di era globalisasi seperti saat ini. Jadi, kita harus terus belajar dari proses pembelajaran e-learning ini. Jangan pernah berhenti untuk tetap mengeluarkan ekspresi dan kesetiaan dalam proses belajar. Mengapa?? Yaa.. karena kami yakin, permata kesuksesan itu masih tersembunyi di balik kerja keras kita dalam berusaha. Kami juga yakin permata itu akan menampakkan keindahannya kalau kita tak pernah menyerah. So,  Tetap semangat yoo...!!!^_^

Tuesday, February 8, 2011

Apakah kegunaan internet dalam proses belajar?

internet merupakan inti dari komunikasi dengan komputer. internet berisi ribuan jaringan komputer yang terhubung keseluruh dunia. dan menyediakan informasi yang tidak terbatas untuk murid-murid. internet memiliki informasi yang lebih baru daripada buku teks yang kita miliki. web adalah sistem pengambilan informasi hypermedia yang menghubungkan berbagai materi diinternet. internet dapat mmbatu kita belajar dan mencari informasi dengan lebih cepat, efisien dan lebih mudah. dengan internet kita dapat berdiskusi dengan berbagai pelajar diseluruh dunia mengenai suatu materi. internet mempunyai database informasi besar tentang brbagai topik yang diorganisasikan dalam banyak cara yang berbeda. ketika kita mengeksplorasikan internet, kita dapat menempatkan sendiri karya kita dalam riset dengan menyusun proyek yang mengintegrasikan informasi dari beragam sumber. salah satu cara efektif untuk menggunakan internet adalah dengan membuat tugas dalam kelompok kecil. internet mempunyai banyak informasi yang dapat dimanfaatkan kelompok untuk mengerjakan dan memperbaiki tugas kita. internet juga dapat digunakan untuk meminta pendapat kepada para pelajar ditempat lain dan berdiskusi dengan pelajar lain tentang suatu kasus yang dibahas. pada internet terdapat e-mail yang berbentuk pesan yang dapat dikirim dan diterima dari individu atau dari banyak individu. dan e-mail juga membantu kita untuk mengirimkan informasi atau tugas kepada teman atau guru kita. e-mail apat bermanfaat untuk murid pemalu dan mudah gugup serta mnghindari komunikasi tatap muka dengan orang lain.
 jadi, kita dapat menggunakan internet dalam proses pembelajaran dan mencari informasi mengenai suatu materi dari internet serta  berdiskusi tentang suatu kasus. internet merupakan salah satu sarana yang efektif untuk belajar. dengan internet kita dapat mengakses informasi yang tidak terbatas. dikarenakan akses yang tidak terbatas, kita juga harus menggunakan internet dengan sebaik dan sebijak mungkin.

sumber:  Santrock J. W. Psikologi Pendidikan Edisi Kedua