Tuesday, April 10, 2012

UTS Paedagogi

6 comments:

  1. 1. Apa yang dapat adinda jelaskan sehubungan dengan Pedagogi Modern? lalu beri ilustrasi bandingan antara proses pembelajaran yang adinda dapatkan saat perkuliah dengan uraian teori tersebut.

    ReplyDelete
  2. paedagogi dapat dilihat dari 2 perspektif yang nampaknya paling ideal, yaitu : paedagogi sebagai ilmu dan paedagogi sebagai seni. walaupun paedagogi sebagai ilmu pengetahuan dan terdefinisi secara spesifik, definisi ini juga menggamit dimensi seni, teori, dan praktik mengajar dan belajar. ada beberapa definisi yang terkait dengan paedagogi, yaitu :
    1. pengajaran (teaching), yaitu teknik dan metode kerja guru dalam mentransformasikan konten pengetahuan, merangsang, mengawasi, dan memfasilitasi pengembangan siswa untuk mencapai tujuan pembelajaran yang berhasil. defisini ini menempatkan guru pada posisi sentral.
    2. belajar (learning), yaitu proses siswa mengembangkan kemandirian dan inisiatif dalam memperoleh dan meningkatkan pengetahuan serta keterampilan (menyelidiki, berpikir kritis, kerja sama tim, mengorganisasikan, dan memecahkan masalah).
    3. hubungan mengajar dengan belajar dengan segala faktor lain yang tergamit mendorong minat paedagogi, misalnya siswa melakukan penelitian sederhana. hubungan ini dapat bermakna siswa dibimbing oleh guru atau kegiatan belajar yang berpusat pada siswa, namun tetap dibawah bimbingan guru.
    4. hubungan mengajar dan belajar berkaitan dengan semua pengaturan dan pada segala tahapan usia, yaitu sebagaimana yang telah dikembangkan oleh lembaga-lembaga pendidikan formal dan nonformal dalam masyarakat, keluarga, dan kehidupan kerja.
    contohnya, ketika saya menjalani perkuliahan, dosen saya sebagai pengajar memiliki bermacam-macam teknik dalam mentransformasikan pengetahuan yang dimilikinya dan merangsang keingintahuan kami akan ilmu tersebut dan mengawasi serta memfasilitasi kami sehingga dapat mencapai pemahaman akan ilmu yang kami pelajari. tidak lepas dari proses pengajaran, kami sebagai siswa juga dirangsang untuk belajar secara mandiri dalam meningkatkan pengetahuan dan keterampilan. studi lapangan yang diberikan kepada kami merupakan contoh dari hubungan mengajar dengan belajar dimana kami dibimbing oleh dosen untuk melakukan studi kelapangan mengenai topik yang sudah kami bahas.

    ReplyDelete
  3. 2. jelaskan tentang konsep micro teaching kelompok adinda. Kemudian sertakan kajian teori yang mendukung menurut pendapat pribadi anda.

    ReplyDelete
  4. konsep micro teaching yang kami rancang adalah go green. dimana kami akan mengajarkan siswa-siswa TK untuk membuat prakarya dengan bahan prakarya berasal dari barang-barang bekas. dalam mengajarkan siswa-siswa TK, kami akan mengajarkan cara pembuatan prakarya tersebut dan membimbing siswa dalam mengerjakannya serta memberikan siswa kebebasan dalam menghias prakaryanya sesuai dengan kreatifitas dari siswa tersebut.
    berdasarkan teori paedagogi modern, ada beberapa definisi yang terkait dengan paedagogi, yaitu :
    1. pengajaran (teaching), yaitu teknik dan metode kerja guru dalam mentransformasikan konten pengetahuan, merangsang, mengawasi, dan memfasilitasi pengembangan siswa untuk mencapai tujuan pembelajaran yang berhasil. defisini ini menempatkan guru pada posisi sentral. kami sebagai pengajar memberikan pengetahuan kepada siswa TK mengenai cara membuat prakarya tersebut dan memfasilitasikan serta mengawasi siswa TK dalam membuat prakaryanya.
    2. belajar (learning), yaitu proses siswa mengembangkan kemandirian dan inisiatif dalam memperoleh dan meningkatkan pengetahuan serta keterampilan (menyelidiki, berpikir kritis, kerja sama tim, mengorganisasikan, dan memecahkan masalah). siswa TK yang mendapatkan rangsangan dalam membuat prakarya secara mandiri dan inisiatif dalam menghias prakaryanya agar menjadi kreatif dan menarik. dengan adanya rangsangan ini siswa dapat secara inisiatif meningkatkan pengetahuannya dengan berpikir kritis dalam mengolah barang-barang bekas menjadi prakarya yang kreatif.
    3. hubungan mengajar dengan belajar dengan segala faktor lain yang tergamit mendorong minat paedagogi, misalnya siswa melakukan penelitian sederhana. hubungan ini dapat bermakna siswa dibimbing oleh guru atau kegiatan belajar yang berpusat pada siswa, namun tetap dibawah bimbingan guru. pada proses pembuatan prakarya, peran pengajar sebagai sentral menjadi pembimbing dan belajar berpusat pada siswa dimana siswa secara mandiri melakukan pembuatan prakarya meskipun masih dibawah bimbingan pengajar.
    4. hubungan mengajar dan belajar berkaitan dengan semua pengaturan dan pada segala tahapan usia, yaitu sebagaimana yang telah dikembangkan oleh lembaga-lembaga pendidikan formal dan nonformal dalam masyarakat, keluarga, dan kehidupan kerja. Taman Kanak-Kanak sebagai bentuk pendidikan formal menjadi media untuk siswa TK dalam mengembangkan kreativitasnya.

    ReplyDelete
  5. 3. Coba uraikan lebih detail berkaitan dengan kalimat ini :"hubungan mengajar dengan belajar dengan segala faktor lain yang tergamit mendorong minat paedagogi, misalnya siswa melakukan penelitian sederhana".

    ReplyDelete
  6. maksud dari hubungan mengajar dengan belajar dengan segala faktor lain yang tergamit mendorong minat paedagogi, misalnya siswa melakukan penelitian sederhana adalah segala hubungan yang terjadi antara pengajar dengan siswa yang diajar dan apapun bentukny tetap terkait dengan kegiatan mengajar dan belajar serta tetap berhubungan dengan paedagogi. ketika siswa melakukan penelitian sederhana, terdapat hubungan dimana pengajar membimbing siswa dalam melakukan penelitian dan mengawasi proses penyelesaian penelitian yang dilakukan oleh siswanya.

    ReplyDelete