Tuesday, April 10, 2012

Paedagogi, TIK, dan Fenomena Kontemporer

teknologi informasi dan komunikasi (TIK) memiliki pengaruh yang besar pada dunia dimana orang-orang muda hidup. e-learning, yaitu belajar yang didukung atau difasilitasi oleh TIK, memiliki potensi yang cukup besar untuk mendukung pendekatan pengajaran, dengan tidak melupakan dimensi paedagogi. setidaknya penggunaan e-learning atau pembelajaran yang didukung dengan TIK bermanfaat dalam beberapa hal :
  • membantu membuat koneksi yang memungkinkan siswa untuk masuk dan menjelajahi lingkungan belajar yang baru, mengatasi hambatan jarak dan waktu.
  • memfasilitasi pembelajaran bersama dengan memungkinkan siswa untuk bergabung atau menciptakan komunitas pelajar yang memperpanjang kegiatan belajar secara lebih baik diluar kelas.
  • membantu dalam penciptaan lingkungan yang menunjang pembelajaran dengan menawarkan sumber daya yang memperhitungkan individu, budaya, atau perbedaan perkembangan.
  • meningkatkan kesempatan untuk belajar bagi siswa dengan menawarkan pengalaman virtual dan alat-alat yang menghemat waktu mereka, sehingga memungkinkan mereka belajar lebih lanjut.
sekolah sebaiknya tidak hanya mengeksplorasi bagaimana TIK dapat menambah cara mengajar tradisional, tetapi juga bagaimana bisa membuka cara belajar baru dan berbeda. namun, jika penggunaan TIK mengabaikan dimensi paedagogi, hal ini merupakan praktik paedagogi yang menyimpang. 

teknologi informasi dan komunikasi (TIK) telah memberi warna sendiri dalam proses pembelajaran, serta melahirkan pemikiran baru dibidang paedagogi. kehadiran TIK sebagai salah satu alat untuk mengajar memungkinkan kegiatan pembelajaran berakselerasi. dengan adanya TIK disekolah, siswa-siswa sekolah dapat mengakses pengetahuan baru dengan sangat cepat dan tidak terbatas. guru memiliki peran yang penting dalam memandu siswanya untuk menggunakan TIK dalam belajar sehingga siswa-siswa tidak menyalahgunakan TIK untuk mengakses pengetahuan yang tidak seharusnya didapatkan siswa dikarenakan tidak terbatasnya akses pada TIK. dalam menggunakan TIK, guru tetap harus membimbing siswa, meskipun kehadiran guru dalam memberikan pengetahuan sudah dapat digantikan oleh TIK, namun guru mempunyai kewajiban untuk mendidik siswanya dalam menggunakan TIK yang baik dan benar.

Daftar Pustaka : Danim, Sudarwan. (2010). Pedagogi, Andragogi dan Heutagogi., Bandung: Alfabeta.

No comments:

Post a Comment